Sukolilan - Haflah Akhirussanah MDTU 06 Sukolilan serta Haul Simbah Kyai Rampog (Raden Wongsowijoyo)

Haflah Akhirussanah MDTU 06 Sukolilan serta Haul Simbah Kyai Rampog (Raden Wongsowijoyo)

Alhamdulillah rangkaian kegiatan haflah akhirussanah, haul Simbah Kyai Rampog (Raden Wongsowijoyo) serta ruwahan masal warga Desa Sukolilan RW.02 telah selesai; dengan ditutup kegiatan Pengajian Umum dengan pembicara bapak KH. Akhmad Junaidi dari Pragak Turunrejo Brangsong (12/3/2023).

Momen kelulusan anak sekolah biasanya ditandai dengan acara perpisahan atau tutup tahun yang diselenggarakan oleh sekolah, baik sekolah negeri maupun swasta. Namun berbeda penyebutannya dalam sekolah Madrasah; kegiatan ini umumnya disebut dengan acara akhirussanah.

Dari hasil musyawarah panitia kegitan beserta pemerintah desa dan tokoh-tokoh masyarakat; ada ide-ide baru untuk memeriahkan kegiatan; untuk tahun ini kegiatan haflah akhirussanah dijadikan satu rangkaian dengan acara haul Simbah Kyai Rampog (Raden Wongsowijoyo) serta ruwahan masal warga Desa Sukolilan RW.02.

Kegiatan Haflah Akhirussanah MDTU 06 Insyaiyah Islamiyah Sukolilan dimulai sejak hari Jum’at, 10 - 12 Maret 2023 dengan diisi kegiatan lomba fisik dan non fisik serta hafalan teks imtihan; dengan peserta seluruh siswa-siswi kelas 1 s/d 6 MDTU 06 Insyaiyah Islamiyah Sukolilan.

Kegiatan Haflah Akhirussanah MDTU 06 Sukolilan juga diisi kegiatan prosesi wisuda siswa-siswi kelas 6, dilanjut kegiatan karnaval seluruh warga RW.02 dan juga peserta didik MDTU 06 Sukolilan.

Haul Simbah Kyai Rampog (Raden Wongsowijoyo); walaupun makam beliau sudah di temukan beberapa tahun yang lalu, namun kegiatan ini baru pertama kali dilakukan (11/3/2023).

Untuk mengenang jasa Simbah Kyai Rampog (Raden Wongsowijoyo), biasanya hanya didoakan bersama saat kegiatan kliwonan yang diselenggarakan pengurus Masjid Al Muttaqin beserta warga RW.02 Sukolilan, serta didoakan saat kegiatan kliwonan yang diselenggarakan oleh pemerintah desa Sukolilan.

Alhamdulillah Haul Simbah Kyai Rampog (Raden Wongsowijoyo) sekarang bisa lebih meriah karena dilakukan bersama dengan acara ruwahan masal warga Desa Sukolilan RW.02.

Kegiatan ini dimulai dengan pengkhususan arwah-arwah warga desa yang telah meninggal, pembacaan Al-Qur’an bersama-sama (perorang 1 juz) sehingga khatam Al-Qur’an beberapa kali dilanjut tahlil dan diakhiri makan bersama nasi inkung yang disumbangkan oleh warga sukolilan sebagai Shodaqoh rasa syukur atas segala nikmat.

Kegiatan Haflah Akhirussanah MDTU 06 Sukolilan diakhiri dengan kegiatan pengajian umum dengan pembicara bapak KH. Akhmad Junaidi dari Pragak Turunrejo Brangsong (12/3/2023).

Inilah rangkaian kegiatan Haflah Akhirussanah MDTU 06 Sukolilan; semoga peserta didik yang telah diwisuda mendapat ilmu yang berkah dan menjagi generasi yang sholeh dan sholekhah, Aamiin.

Dan semoga kegiatan seperti ini dapat terus ditingkatkan dan membawa banyak berkahuntuk seluruh warga desa Sukolilan. Aamiin. 


Dipost : 15 Maret 2023 | Dilihat : 125

Share :